Follow detikFinance
Jumat, 08 Jun 2018 13:10 WIB

Bandara Kertajati Sudah Bisa Dipakai Mudik

Mochamad Solehudin - detikFinance
Foto: Sudirman Wamad/detikcom Foto: Sudirman Wamad/detikcom
Majalengka - Meski baru beroperasi, antusiasme pemudik yang menggunakan moda transportasi pesawat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) cukup tinggi. Selama musim mudik Lebaran, setiap harinya BIJB akan melayani penerbangan.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan setiap harinya akan ada penerbangan dari BIJB menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya dan sebaliknya. Virda mengatakan kursi penumpang untuk penerbangan menuju Surabaya rata-rata terjual hingga 50% lebih dari jumlah kursi yang tersedia setiap harinya.

"Kalau dari sini rata-rata 90 penumpang, kalau dari Surabaya menuju BIJB sekitar 60 penumpang," kata Virda usai acara seremonial penerbangan perdana di BIJB, Kabupaten Majalengka, Jumat (8/6/2018).

Virda menyebutkan jumlah penumpang, baik keberangkatan maupun kedatangan pesawat dari dan menuju BIJB mengalami penurunan saat hari Lebaran nanti.


"Pas salat Idul Fitri saja yang menurun. Selebihnya antusiasme penumpang cukup baik," kata Virda.

Saat ini pelayanan penerbangan di BIJB hanya dilakukan oleh maskapai Citilink. Virda mengatakan selain Citilink ada beberapa maskapai yang sudah kepincut untuk ikut melayani penerbangan di BIJB.

Virda tak menampik pelayanan di BIJB masih belum maksimal, seperti fasilitas untuk tenan. Dikatakan Virda ke depannya BIJB akan dilengkapi dengan aneka tenant guna meningkatkan pelayanan terhadap penumpang.

"Formula untuk penyewaan harga tenant sudah ketemu. Untuk satu meternya disewa dengan harga Ro 350.000 per bulan. Bayarnya langsung 12 bulan. Ada juga masyarakat yang meminta diskon penyewaan tenant, ya yang khusus UKM," kata Virda.


Di tempat yang sama, Direktur Operasi dan Tehnik PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo,l mengatakan saat ini penerbangan komersial di BIJB masih extra flight. Ia pun berharap pelayanan penerbangan yang dilakukan Citilink bisa menjadi reguler.

"Setelah Lebaran harapannya penerbangan ini bisa menjadi penerbangan reguler. Selama periode Lebaran Citilink sudah siap layani penerbangan setiap hari," kata Djoko.


Ini video antusias penumpang di Bandara Kertajati

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed