Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Jun 2018 19:31 WIB

Strategi Pelaku Industri Ritel Hadapi Daya Beli Lesu Pakai Diskon

Sefie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Kiagoos Auliansyah Foto: Tim Infografis: Kiagoos Auliansyah
Jakarta - Belakangan industri ritel mengalami penurunan daya beli, dari kondisi tersebut para pelaku industri ritel yang tergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HlPPlNDO) mengantisiapasinya dengan mengadakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI).

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo lduansjah menjelaskan, dalam dua tahun ini ritel offline memang dalam kondisi yang berbeda. Sistem belanja masyarakat yang saat ini sudah mulai beralih ke sistem belanja online membuatnya perlu berfikir keras bagaimana masyarakat tetap berbelanja di toko offline.

"Hippindo memandang perlu hari ini untuk mengajak semua dengan adanya ritel offline ini harus mendatangkan traffic. Saat ini ritel sangat berubah, ritel harus menciptakan ritel-ritel yg berbentuk night market dan sebagainya. Oleh karena itu ingin bekerjasama dengan peritel Hippindo agar produk tidak terpusat di pusat perbelanjaan tapi juga di daerah- daerah," kata dia di Kementerian Perdagangan Jumat (8/7/2018).


Ia menjelaskan meski di awal tahun bisnis ritel belum tampak perkembangannya. Namun, di bulan April ini sudah ada kenaikan untuk ritel lain contohnya pakaian.

"April ini sudah ada kenaikan untuk ritel lain-lain selain food and beverage. Kami harap kenaikan ini bisa terus dikondisikan dengan dukungan dari pemerintah untuk membuat ritel kembali seperti dulu," kata dia.

Seperti diketahui, acara HBDI rencananya akan dibuka di Palembang, Sumatera Selatan.

HBDI 2018 yang menjadi acara kedua ini menjadi istimewa, karena bertepatan pula dengan penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang berpusat di Jakarta dan Palembang. Dengan begitu acara ini bukan hanya berpotensi untuk menjangkau konsumen lokal, melainkan juga para olahragawan, officials serta wisatawan mancanegara.


Penyelenggaraan HBDI 2018 akan serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, berlokasi di pusat-pusat perbelanjaan modern, lokasi ritel di ruko, ruang usaha ritel yang berdiri sendiri serta di rest area, bandara hingga stasiun kereta.

"Mengulang sukses HBDI 2017, HIPPINDO kembali menyelenggarakan HBDI 2018 di bulan Agustus mendatang, tepatnya 8 Agustus sampai dengan 2 September 2018," kata dia.

Adapun promosi yang ditawarkan bertema 73 sesuai dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73, mulai dari potongan harga sampai dengan 73%, harga khusus Rp 73.000. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com