Jelang Lebaran Mal Beri Diskon Gede, Benaran atau Bohongan Sih?

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 09 Jun 2018 16:16 WIB
Diskon di Mal/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat khusus di DKI Jakarta terdapat 23 mal yang menggelar midnight sale alias belanja dengan diskon besar-besaran di malam hari. Diskon tersebut dilakukan menjelang Lebaran tahun ini.

Ketua DPD APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, tarif potongan harga yang diterapkan oleh para tokok merupakan sesuai harga harga normal. Artinya, harga barang tidak dinaikkan terlebih dahulu sebelum diberikan diskon.

"Tidak ada sistem harga dinaikkan terlebih dahulu," kata Ellen saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (9/6/2018).


Dia melanjutkan, jadwal pemberian diskon besar-besaran sudah dimulai dari tanggal 1 Juni atau akhir pekan minggu pertama Juni 2018.

Ellen bilang, pemberian diskon juga akan terus dilakukan oleh para toko yang berada di pusat perbelanjaan atau mal yang tercatat sudah melaksanakan midnight sale.

"Dibebaskan ke retailer bilamana memang masih ingin lanjut diskon. Namun tidak ada keharusan," jelas dia.


Ellen mengungkapkan, diskon yang diberikan juga berbeda-beda berdasarkan momen. Seperti potongan harga pada saat midnight sale dengan hari biasa.

"Kalau midnight sale, diskon bervariasi sampai dengan 70 %. Diskon di luar midnight sampai dengan 50%," tutup dia. (ara/ara)