Follow detikFinance
Minggu, 10 Jun 2018 08:16 WIB

Nggak Libur, Menhub Cs Malah Kerja di Akhir Pekan Pantau Mudik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari. Masyarakat yang tinggal di kota besar sebagian akan kembali ke kampung halaman alias mudik.

Guna memastikan mudik berjalan lancar, para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau titik-titik jalur mudik yang dilalui pemudik. Menteri-menteri tersebut tetap memantau proses mudik meski di akhir pekan.

Dari informasi yang dihimpun detikFinance, rencananya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengunjungi beberapa titik yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pada Minggu (10/6/2018).

Adapun titik yang akan dipantau yakni Pos Cikopo, Pos Kertasari, dan Pos Ngawi.


Sebelumnya, Budi Karya meminta pemudik tidak selalu menggunakan jalan tol untuk mudik. Cara ini bisa mencegah kepadatan kendaraan di tol.

"Tol Jakarta-Surabaya harus beri pengarahan, mudik tidak harus lewat tol. Kalau terjadi, tidak mungkin kejadian Brexit akan terjadi, dan bisa terjadi di Jawa Barat atau Jawa Timur," kata Budi dalam pengarahan persiapan angkutan Lebaran Provinsi Jatim di Hotel JW Marriott Surabaya, Sabtu (9/6/2018).

Menurut Budi, ada jalan nasional yang bisa digunakan untuk mudik. Dengan begitu, penumpukan kendaraan di tol tidak terjadi.

Selain itu, Budi mengimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor. Sebab, banyak kecelakaan dengan korban mayoritas pemotor.

"Kami memang tidak bisa melarang karena itu hak pemudik untuk mudik. Tapi kami imbau gunakan angkutan bus, lebih baik," ujarnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed