Follow detikFinance
Rabu, 13 Jun 2018 15:22 WIB

Jelang Lebaran, Pedagang Sayur Kini Jualan Kulit Ketupat

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Penjual Ketupat/Foto: Pradita Utama Penjual Ketupat/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Para pedagang sayur di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat beralih profesi menjadi penjual kulit ketupat sejak tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Salah satu penjual kulit ketupat, Mail (32) mengaku sebelumnya ia merupakan pedagang sayur. Namun, di hari-hari sebelum Lebaran ia memilih untuk mengais rezeki dengan berjualan kulit ketupat. Hal ini telah ia lakoni rutin sejak lima tahun lalu.

"Saya dagang sayur biasanya di sini. Sejak lima tahun jualan ini (kulit ketupat). Baru kemarin ini jualan sampai besok," terangnya kepada detikFinance di lapaknya, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018).


Lebih lanjut, Mail mengatakan tidak membuat sendiri kulit ketupat tersebut. Melainkan membeli di Tanah Abang dengan harga Rp 500 per kulitnya.

Kulit ketupat tersebut kemudian ia jual dengan harga Rp 1.200 per buahnya. Dengan demikian, ia mengantongi keuntungan sekitar Rp 700 per kulit ketupat.

"Rp 12.000 isi 10 ketupat jadi satuannya Rp 1.200. Beli jadi di Tanah Abang harganya Rp 5.000 isi 10 jadi satunya Rp 500," jelasnya.


Pedagang lainnya, Suep (43) juga merupakan pedagang sayur di Pasar Gondangdia. Ia pun memilih meraup kesempatan di hari raya tersebut dengan berjualan kulit ketupat.

Ia menjual kulit ketupat tersebut dengan harga Rp 10.000 per ikat dengan isi 10 atau Rp 1.000 per buahnya.

"Harganya Rp 10.000 per ikat isi 10 ya," katanya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed