Follow detikFinance
Minggu, 17 Jun 2018 09:30 WIB

Lebaran Tak Signifikan Kerek Ekonomi RI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Perayaan Idul Fitri tahun ini diiringi dengan libur panjang serta tambahan nilai Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. Namun nampaknya kondisi itu tak banyak mendongkrak perekonomian secara nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa di musim Lebaran ini konsumsi masyarakat pasti akan mengalami peningkatan dibanding hari biasa. Namun, jumlahnya tak banyak berpengaruh terhadap ekonomi secara keseluruhan.

"(Lebaran) itu pasti ada juga dampaknya, tapi ya setiap tahun kalau diperhatikan Lebaran itu mempengaruhi perkembangan ekonomi, tidak terlalu signifikan," kata Darmin saat menggelar halalbihalal di kediaman dinasnya, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Kondisi ini cukup aneh memang, mengingat pemerintah telah memberikan komponen lebih terhadap THR PNS yang membuat nilainya menjadi cukup tinggi. Di samping itu, para pensiunan juga tahun ini ikut mendapatkan THR.

Kenapa Lebaran tak banyak dongkrak ekonomi? Lantas, momen seperti apa yang mampu mendorong ekonomi secara keseluruhan? Simak berita selengkapnya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed