Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Jun 2018 19:15 WIB

Masih Beroperasi, Pasar Gembrong Batal Digusur?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Sejak awal tahun ramai terdengar rencana penggusuran Pasar Gembrong, Jakarta Timur. Rencananya pasar ini bakal digusur untuk pembangunan Tol Becakayu. Lantas, bagaimana perkembangannya kini?

Pedagang mainan di pasar tersebut, Alfin mengatakan rencana penggusuran pasar tak lagi terdengar.

"Itu belum jelas juga. Sudah nggak ada pemberitahuan lagi. Kalau kemarin kan gencar banget," katanya saat berbincang dengan detikFinance di tokonya, Senin (18/6/2018).

Dia mengatakan begitu memasuki puasa sudah tidak ada lagi konfirmasi mengenai rencana penggusuran Pasar Gembrong, khususnya dari perusahaan yang menggarap proyek tol tersebut.

"Belum ada respons dari pengembang, belum ada, dari massa yang punya lahan juga belum ada. Kedua belah pihak belum ada konfirmasi yang jelas. Kalau kira kira bulan 2-3 ramai dari pengembang, juga dari kelurahan. Cuma masuk puasa hilang, sampai Lebaran sudah nggak ada," lanjutnya.



Pedagang lain, Wakri juga sudah tak lagi mendengar informasi soal rencana penggusuran Pasar Gembrong.

"Sudah hilang info rencana penggusuran. Terakhir sebelum puasa," ujarnya.

Meski demikian, dia tak merasa was-was jika rencana ini nantinya benar-benar dilaksanakan. Pasalnya dia memastikan bakal mendapat ganti rugi.

"Nggak perlu was-was lah, kan dibayar (ganti rugi), memangnya digusur cuma cuma," tambahnya.

Sebelumnya, pedagang di Toko Yenni Toys, Yenni menyampaikan jumlah pengunjung Pasar Gembrong Lebaran tahun ini berkurang. Hal itu diperkirakan karena sempat ada isu penggusuran.

"Pengunjung lumayan ramai. Tapi tahun ini kalah dibanding tahun kemarin. Karena gusuran mungkin, pengunjung mikirnya ini pasar mau digusur. Jadi mikirnya pedagang pindah, jadi pada nggak datang lagi," katanya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed