Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 12:12 WIB

Penjualan TV Layar Lebar Laris Manis Berkat Piala Dunia

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Televisi/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Televisi/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Para penggemar sepak bola pergi ke tempat penjualan televisi (TV) yang digelar pada akhir pekan lalu sebelum pertandingan pertama Inggris di Piala Dunia 2018.

Salah satu toko di Inggris, John Lewis menyatakan pihaknya menjual 140% lebih banyak TV layar lebar dengan ukuran 55 inchi (140 cm) atau lebih pada pembukaan Piala Dunia di Moskow yang menampilkan penyanyi asal Inggris Robbie Williams, dibandingkan dengan hari yang sama tahun lalu. Peritel mengharapkan bahwa laju pertumbuhan akan berlanjut atau bahkan naik akhir pekan ini.


Kemajuan teknologi telah mengarah ke layar yang ukurannya lebih besar. Ukuran TV dengan penjualan terbaik tahun ini adalah 55 inchi dan 70 inchi. Pada tahun 2010 penjualan terbaik adalah TV dengan ukuran 36 inchi ketika Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Penjualan keseluruhan TV di John Lewis sepanjang tahun ini adalah dua kali lipat pada periode yang sama di tahun 2017, sementara penjualan layar 70 inchi meningkat 150% dari minggu lalu.

"Piala Dunia tampaknya memiliki pengaruh besar pada pelanggan," kata Suddy Bhardwaj, salah satu pembeli TV seperti dikutip dari Guardian, Rabu (20/6/2017).

Dia mengatakan peningkatan permintaan TV bukan hanya karena sepak bola, tetapi tentang perubahan dalam kebiasaan menonton. Selain itu, turunnya harga TV layar lebar membuat mereka lebih terjangkau bagi keluarga yang semakin menginginkan pengalaman menonton di rumah.

Hal ini mengindikasikan ada pasar baru dalam cara orang melihat TV. Netflix dan program besar seperti Game of Thrones digabungkan dengan layanan seperti Deliveroo.

Argos mengatakan penjualannya naik lebih dari sepertiga minggu ini, dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu. Dikatakan penjualan TV dengan layar 65 inchi atau lebih naik hampir dua kali lipat dalam setahun terakhir.


Firma riset GfK memprediksi bahwa TV jenis ultra-high definition dan 4K akan banyak terjual di Mei dan Juni.

"Piala Dunia tahun ini dengan kualitas 4K lebih berkualitas daripada sebelumnya, yang benar-benar mendorong pelanggan untuk membeli TV 4K dengan layar yang besar," kata Nick Hill, Manajer di Argos.

Ledakan penjualan ini menjadi perangsang bagi peritel yang berjuang di tengah meningkatnya biaya hidup karena inflasi makanan dan bahan bakar.

Mereka akan berdoa bahwa Inggris yang memulai pertandingan Piala Dunia lolos tahap grup. Dengan demikian diharapkan penjualan TV bisa mencapai 66.000.

Dengan adanya Piala Dunia tahun ini 5,5 juta TV diperkirakan terjual dibandingkan dengan 6,5 juta pada Piala Dunia tahun 2014. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed