Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Jun 2018 12:32 WIB

Diburu Habis Lebaran, Pembantu Infal Dibayar Rp 200 Ribu/Hari

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Libur panjang Lebaran membuat pesanan untuk tenaga kerja infal meningkat. Hal ini tentu memberikan peluang bagi tenaga kerja lepas untuk mencari nafkah meski hanya harian.

Upah tenaga infal sebenarnya bervariatif tergantung kebijakan dari masing-masing Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan jenis pekerjaannya.

Seperti misalnya LPK Surya Insani yang menawarkan gaji tenaga infal untuk asisten rumah tangga (ART) sebesar Rp 200 ribu per hari. Sementara untuk baby sitter sekitar Rp 250-350 ribu per hari.


"Untuk baby sitter biayanya tergantung pengalaman dan pekerjaannya," kata Nurma, Marketing LPK Surya Insani kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).

Sementara LPK Tiara Kasih Bunda menawarkan ART dengan gaji Rp 150 ribu per hari. LPK yang berlokasi di Cibubur ini juga menawarkan jasa infal suster untuk bayi dan lansia yang gajinya sekitar Rp 200 ribu per hari.

"Masa kerjanya sekitar 10 hari sampai 1 bulan," kata Pemilik Tiara Kasih Bunda, Irena.



Gaji harian itu diterima bersih oleh pekerja infal. Pihak LPK pendapatannya dari biaya administrasi yang harus dibayar oleh penyewa di awal. Administrasi itu untuk kebutuhan biaya pelatihan dari pekerja infal dan makan selama ditempat pelatihan. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed