Ada Jasa ART Online, Ini Dampaknya ke Bisnis Pembantu Infal

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 14:00 WIB
Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta - Libur lebaran menjadi momen bagi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk meraup keuntungan lebih. Sebab momen ini membuat pesanan tenaga kerja asisten rumah tangga (ART) khususnya infal melonjak.

Namun LPK Surya Insani merasa tahun ini tidak pemesanan infal tidak begitu menggeliat seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu biasanya pemesanan infal di LPK yang berlokasi di Bekasi ini melonjak dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini hanya 35 pesanan. Tahun ini enggak begitu bagus," kata kata Nurma, Marketing LPK Surya Insani kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).

Nurma memperkirakan lesunya pemesanan tenaga infal tahun ini lantaran adanya pemesanan tenaga ART via online seperti Go-Clean. Layanan ini tentu memudahkan bagi pemilik rumah yang mungkin hanya butuh tenaga bersih-bersih rumah harian.

"Kemungkinan banyak yang pakai Go-Clean atau layanan yang lain. Banyak sekarang yang pakai itu," tuturnya.


LPK Surya Insani sendiri menawarkan jasa infal untuk ART maupun baby sitter. Tarifnya untuk ART Rp 200 ribu per hari, sedangkan Rp 250-350 ribu.

"Kalau untuk baby sitter tergantung pengalaman sama pekerjaan yang dimintakan," kata Nurma.


Namun itu hanya untuk gaji ART atau baby sitter, penyewa jasa infal harus membayar biaya administrasi sebesar Rp 750 ribu dan gaji awal 10%. Sisanya dibayarkan setelahnya.


Saksikan juga video 'Rupa-rupa Gaji Asisten Rumah Tangga':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)