Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 15:25 WIB

Bos ASDP: Antrean Penyeberangan di Merak Rata-rata 2 Jam

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: ASDP Ferry (Persero)/Dok situs resmi ASDP Ferry Foto: ASDP Ferry (Persero)/Dok situs resmi ASDP Ferry
Jakarta - Menanggapi adanya keluhan macet 'neraka' di jalur penyeberangan sungai dari Merak hingga Bakauheni Lampung, oleh Politisi Gerindra Habiburokhman yang terjebak macet sampai lebih dari delapan jam, Direktur Utama PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (PT (ASDP) Ira Puspa Dewi mengatakan masalah ini tidak terjadi di pelabuhan merak.

"Gini kalau saya nggak cukup jelas bahasannya dari habis sahur baru dapat 12.30 WIB saya yang perlu agak clear itu kapannya. Karena gini kalau pantauan kami hari itu memang padat tapi semua sudah terlayani mulai dari gate tiket itu sampai masuk ke kapal kami itu rata-rata hanya butuh waktu 1-2 jam saja," papar dia kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Ia menjelaskan tidak ada antrean panjang di H-2 Lebaran seperti apa yang dijelaskan Habiburokhman.

"Tidak ada antrean, kalau pun ada antrean bayangkan saja pasti ada banyak orang yang mengeluh, banyak netizen dan media di sana tuh Merak. Tapi ini kan nggak ada," kata dia.

Ia mengaku memantau situasi pelabuhan sejak masa padat seperti saat ini.

"Mulai dari gate tiket itu sampai masuk ke kapal kami itu rata-rata hanya butuh waktu 1-2 jam saja"Direktur Utama ASDP, Ira Puspa Dewi
"Saya di sana langsung meskipun saya sekarang lagi di Pelabuhan Bakauheni, saya ada di situ 24 jam dan yang pasti itu nggak satu orang ya (yang mengeluh) ini nggak ada antrean," kata dia.


Pihaknya sudah menyediakan 36 kapal yang setiap hari biasa mengangkut penumpang hingga kendaraan baik motor dan mobil. Begitupun sebaliknya ada 36 kapal yang akan melayani kebutuhan masyarakat yang mau mudik ke Sumatera atau kembali yang akan kembali ke Jawa.

"Sama 36 kapal dari Bakauheni 36 juga kemudian kali loadnya tinggi kita akan operasikan kapal yang kapasitasnya lebih besar. Satu kapal yang besar untuk penumpang itu bisa yang 600," kata dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed