Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 17:54 WIB

Ingin Lengkapi Koleksi Stiker Piala Dunia? Siapkan Rp 14 Juta

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Fabrizio Bensch/Reuters Foto: Fabrizio Bensch/Reuters
Jakarta - Sejumlah penggemar sepak bola berlomba-lomba mengoleksi stiker Piala Dunia 2018. Gelaran pesta sepak bola ini berlangsung hingga 15 Juli 2018 mendatang.

Di Inggris, paket lima stiker adalah 80 sen poundsterling atau US$ 1 dan edisi ini berisi 682 stiker individual, termasuk stiker hologram yang terkenal dari 32 tim yang ambil bagian di Piala Dunia.

Produsen asal Italia, Panini, masih menjadi pembuat album stiker resmi terbaru dan telah memproduksi barang koleksi ini sejak 1961.

"Ini adalah pengalaman yang dirasakan bersama-sama. Sesuatu yang bisa Anda lakukan dengan seluruh keluarga sambil ngobrol seputar pertandingan bola," kata Panini Special Projects Editor Nick Clark seperti dikutip dari CNBC, Rabu (20/6/2018).


"Dari 2010 kami telah melihat banyak orang saling menukar stiker mereka di Twitter dan di media sosial. Mereka penting bagi kami, karena mereka akan mengoleksi dengan anak-anak mereka dan akan melewati kesenangan mengumpulkan stiker," tambahnya.

Sebuah studi yang dibuat oleh para profesor di Cardiff University di Wales menunjukkan bahwa siapapun yang cukup berani untuk mencoba menyelesaikan koleksi mereka sendiri harus membeli 967 paket stiker, dengan total 4.832 stiker seharga hampir US$ 1.000 atau Rp 14 juta (kurs Rp 14.000).

Perlu Rogoh Rp 14 Juta Buat Koleksi Stiker Piala DuniaStiker Piala Dunia/Foto: Dok. AFP

Cara tukar-menukar stiker Piala Dunia bisa membuat biaya koleksi stiker lebih murah hingga dua pertiganya.

Interaksi dengan kolektor stiker Piala Dunia lainnya seperti tukar-menukar stiker baik secara langsung maupun online menjadi keuntungan bagi produsen stiker. Hal ini pun menjadi tren di media sosial dengan hashtag #gotgotneed.

"Kami melihat orang-orang membeli stiker. Kami melihat orang-orang bertukar stiker di pub dan di media sosial. Kami akan selalu mendukung gagasan orang-orang yang bertukar stiker," kata Clark, salah satu kolektor.


Album stiker juga telah diubah menjadi digital. Edisi ini juga hadir dalam bentuk aplikasi. Prinsipnya tetap sama, tetapi keterlibatan penggemar dengan FIFA dan beberapa sponsor Piala Dunianya memiliki peran besar.

Pada Piala Dunia terakhir di Brasil tahun 2014, 195 juta paket virtual dijual dan lebih dari 243 juta stiker bertukar pemilik. Tampaknya kolektor tidak pernah tahu dengan siapa ia mungkin akan bertukar, karena selebriti termasuk musisi Ed Sheeran termasuk di antara mereka yang sibuk menyelesaikan koleksi mereka menjelang Piala Dunia. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed