Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 18:15 WIB

Selama Libur Lebaran, Warga Banyak Lapor Masalah THR dan Macet

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengungkapkan selama periode libur Lebaran mendapatkan 1.607 pengaduan dari masyarakat terkait sejumlah hal. Pengaduan itu dilaporkan masyarakat melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa mengatakan selama cuti masa bersama atau pada periode 11-20 Juni 2018, layanan tersebut telah mendapatkan 1.607 laporan.

"Sebanyak 1.295 laporan sudah diverifikasi dan didisposisi oleh admin kami ke admin kementerian/lembaga. Adapun sebanyak 278 laporan dihapus oleh admin kami karena setelah diverifikasi laporannya tidak lengkap. Sisanya sebanyak 24 laporan belum di proses, 9 laporan sedang di proses dan 1 laporan di pending," ungkap Diah dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (19/6/2018).


Diah mengatakan ada lima topik permasalahan yang paling banyak diadukan oleh masyarakat, yakni persoalan tunjangan hari raya (THR), kemacetan, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan masalah ketenagakerjaan.

"Tingginya jumlah aspirasi dan pengaduan yang disampaikan masyarakat sebagai cerminan dari tingginya kesadaran masyarakat untuk melapor, harus segera direspon oleh aparatur. Kami berharap besok di hari pertama masuk kerja, semua admin LAPOR! kementerian/lembaga mulai efektif bekerja," ungkap Diah.

Sementara itu, tambah Diah, selama tahun 2018 jumlah pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi LAPOR! mencapai 57.171 laporan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15.061 laporan sudah diselesaikan, 3.189 laporan masih dalam proses, 7.542 laporan belum di proses, 1.158 laporan dipending, 4.876 telah di verifikasi dan di disposisi ke admin kementerian/lembaga, serta 24.345 laporan dihapus karena laporannya tidak lengkap.



Dihubungi terpisah, Kepala Biro Hukum, Komunimasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan jumlah pengaduan masyarakat khusus untuk persolan THR dalam aplikasi tersebut selama periode cuti bersama Lebaran sekitar 41 laporan.

"Untuk (persoalan) THR total ada 41 laporan, kemudian untuk kemacetan ada sekitar 20 laporan," kata Herman. (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed