Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 19:40 WIB

Diprediksi Naik 20%, Penjualan Ritel Lebaran 2018 Didominasi Pakaian

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta - Penjual ritel di Lebaran tahun ini meningkat hingga 20% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Penjualan tersebut didominasi dari sektor pakaian.

Penasihat Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Handaka Santosa mengatakan penjualan pakaian mendominasi peningkatan sebanyak 60%. Angka tersebut termasuk pakaian wanita dan pria.

"Pertama fashion untuk wanita dan pria itu penjualannnya bisa 60%. Kemudian juga kosmetik karena setiap wanita kosmetik nggak bisa ganti-ganti harus tetap karena itu sensitif untuk kulit," jelasnya kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Lebih lanjut, Handaka mengatakan peningkatan dari sektor pakaian tersebut merupakan bagian dari gaya hidup saat Lebaran. Sehingga bukan konsumtif belaka.

"Ya masyarakat yang merayakan Idul Fitri ingin menggunakan sesuatu yang baru tapi bukan pamer, bukan untuk merayakan jadi bukan konsumtif tapi soal lifestyle," imbuhnya.


Sementara itu, Ketua Aprindo, Roy Mande memaparkan kenaikan penjualan hingga 20% tersebut disebabkan beberapa hal, seperti adanya tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) yang mendongkrak daya beli masyarakat. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed