Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Jun 2018 11:30 WIB

JKT-SBY Tersambung Tol Bikin Urbanisasi Pasca Mudik Meningkat

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Biasanya setelah musim mudik Lebaran, jumlah penduduk yang ada di kota besar akan meningkat. Fenomena arus urbanisasi yang besar pasca Lebaran hampir pasti terjadi setiap tahunnya.

Menurut Pengamat ekonomi Umar Juoro fenomena urbanisasi sudah pasti akan terus berlangsung setiap tahunnya. Sebab pasti ada hasrat bagi penduduk desa yang ingin memperbaiki perekonomian hidupnya dengan mengadu nasib di kota besar seperti Jakarta.

"Jadi kalau menurut saya hal yang pasti akan terus berlangsung. Baik dalam pengertian musiman lebaran maupun hal umum," tuturnya kepada detikFinance di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Umar memandang, arus urbanisasi tahun ini erat kaitannya dengan perbaikan infrastruktur khususnya di Pulau Jawa. Dengan adanya Tol Trans Jawa maka arus perpindahan manusia akan lebih tinggi.

Namun adanya infrastruktur juga memungkinkan adanya pengembangan perekonomian di wilayah-wilayah lainnnya. Geliat ekonomi yang lebih menyebar diyakini akan menyaring arus masuk para perantau.



Umar memprediksi tahun ini urbanisasi akan tetap tinggi. Namun dia yakin pertumbuhan penduduknya tidak lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

'Karena dengan adanya infrastruktur sekarang bisa lebih mudah untuk bolak-balik ke Jakarta," tuturnya.

Memang tidak ada data pasti mengenai berapa penduduk desa yang merantau ke kota. Namun menurut data BPS jumlah penduduk Jakarta misalnya, memang tercatat terus meningkat setiap tahunnya.

Pada 2010 tercatat penduduk Jakarta 9.640.406 orang, lalu pada 2015 meningkat menjadi 10.177.924 orang.

Itu artinya dalam kurun waktu 5 tahun penduduk Jakarta bertambah sekitar 500 ribu orang. BPS memprediksi pada 2035 penduduk Jakarta akan mencapai 11,45 juta orang.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed