Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Jun 2018 11:54 WIB

Kereta Bandara Sampai Bekasi, Damri Tak Takut Ditinggal Penumpang

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Kereta Bandara Soekarno-Hatta kini Sampai Bekasi, Foto: Rengga Sancaya Kereta Bandara Soekarno-Hatta kini Sampai Bekasi, Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta diperpanjang sampai ke Stasiun Bekasi. Terkait hal tersebut Sekretaris Perusahaan Perum Damri Arifin menjelaskan pihaknya tidak takut ditinggal penumpang.

"Untuk sementara, prediksi kami yang akan menggunakan KA Bandara adalah pelanggan kami yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu sampai di bandara tanpa membawa barang bagasi, jadi kami nggak khawatir," kata dia kepada detikFinance, Kamis (21/6/2018).

Sebelumnya rute Bekasi-Soekarno Hatta hanya bisa diakses melalui rute jalan raya, dengan menggunakan mobil dan bus yang dikelola perum Damri. Melihat potensi tersebut, PT Railink memberikan fasilitas untuk mengangkut warga dari Stasiun Bekasi ke Bandara Soekarno Hatta.


Selain lebih cepat, kereta bandara juga menawarkan harga yang terjangkau untuk para penumpangnya, yaitu sekitar Rp 70.000. Berbeda dengan Damri yang menawarkan harga sekitar Rp 50.000.

Meski menawarkan harga yang lebih murah Arifin mengakui waktu tempuh Damri dan KA Bandara memang lebih cepat KA Bandara, di rute jalan raya Damri sulit terprediksi berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai Bandara Soekarno Hatta.

"Hal ini karena kondisi jalan tol yang masih dalam proses pembangunan infrastruktur mengakibatkan waktu tiba di bandara agak sulit diprediksi utamanya pada jam sibuk. Namun bagi pelanggan dengan waktu penerbangan yang relatif longgar dan yang membawa bagasi kami yakin akan tetap menggunakan jasa DAMRI," papar dia.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta kini Sampai BekasiKereta Bandara Soekarno-Hatta kini Sampai Bekasi Foto: Rengga Sancaya

Sebelumnya, Humas PT Railink, Diah Suryandari menjelaskan sejak awal PT Railink sudah menargetkan beberapa jalur untuk difasilitasi seperti stasiun Bekasi yang memiliki penumpang yang besar terutama dari kawasan Jawa Barat.

"Ada dua pertimbangan yang pertama market size-nya di Bekasi ini banyak ada perumahan, industri, sekolah kemudian kita juga akan mengintegrasikan KA jarak jauh," kata dia kepada detikFinance, Rabu (20/6/2018).


Diah menjelaskan di Bekasi terdapat penumpang yang baru turun dari beberapa kawasan lain seperti Purwakarta, Bandung dan Cirebon. Terutama pihaknya memfasilitasi masyarakat yang menggunakan transportasi masal yang akan menuju ke Bandara Soekarno Hatta karena satu satunya jalur yang bisa dilalui masyarakat Bekasi untuk ke Cengkareng yaitu lewat jalan raya.

"Kan di Bekasi ada Argo Parahyangan daru Bandung Purwakarta, kemudian dan Argo Jati Cirebon. Ini memang rencana jangka panjangnya kita akan rangkai dengan kereta jarak jauh. Kalau lihat peta geografisnya. Perjalanan ke bandara melalui jalan raya dari Bekasi itu bisa 3 jam kalau kami bandara itu kan 80-90 menit," kata dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed