Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Jun 2018 12:25 WIB

Burger King Minta Maaf soal Iklan 'Dihamili Pesepakbola'

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Restoran Burger King/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Burger King meminta maaf terhadap iklan di sosial media yang diprotes karena melecehkan wanita. Burger King memberikan hadiah kepada wanita yang dihamili pesepakbola.

Seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (21/6/2018), Selasalalu Burger King menampilkan iklan berbahasa Rusia yang menawarkan hadiah 3 juta rubel atau US$ 47.000 setara Rp 658 juta (kurs Rp 14.000) dan gratis burger Whoppers seumur hidup kepada wanita yang dihamili pesepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2018.


Tak lama setelah mengumumkan iklan tersebut, mereka menariknya karena dikecam protes. Burger King menuliskan pernyataan dan meminta maaf serta telah menghapus semua materi yang terkait dengan promosi. Namun, bukti iklan tersebut sempat disimpan oleh netizen.

Burger King Minta Maaf soal 'Dihamili Pesepakbola' di Piala DuniaFoto: Dok. Facebook

Burger King memang memiliki sejarah yang kurang baik di Rusia. Tahun lalu, restoran cepat saji ini mengolok-olok seorang korban perkosaan remaja dalam iklan.


Burger King juga menampilkan wajah Diana Shurygina, yang diperkosa ketika berusia 16 tahun di sebuah pesta, sebagai bagian dari promo beli satu gratis satu burger.

Bukan hanya di Rusia, di Singapura Burger King juga mengiklankan burger tujuh inci dengan gambar tidak senonoh dan mengarah ke perilaku seks tertentu. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com