Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Jun 2018 17:07 WIB

Di Depan UMKM, Jokowi: Nggak Musim Lagi Urus Izin Berminggu-minggu

Hilda Meilisa Rinanda - detikFinance
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Surabaya - Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar membenahi pengurusan izin usaha yang berbelit dan lambat. Menurutnya, di era modern ini sudah bukan musimnya mengurus perizinan usaha sampai berminggu bahkan berbulan-bulan.

"Ngurus izin masih sulit ndak? Ini juga yang mau kita benahi, sudah ndak musimnya lagi ngurus izin sampai berminggu-minggu sampai berbulan-bulan," ujar Jokowi saat menghadiri peresmian PPh Final UMKM 0,5% di Jatim Expo Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (22/6/2018).

"Ini baru kita siapkan regulasi dan persiapannya. Masak ngurus izin sampai berminggu-minggu, bayar lagi," sambung Jokowi diiringi gelak tawa para pengusaha yang hadir.


Jokowi yang seorang pengusaha ini pernah mengalami sulitnya mengurus izin saat mulai merintis usaha.

"Saya bisa ngomong ini karena mengalami, saya dari usaha mikro, naik ke kecil dan menengah. Kita pengennya gitu ndak usah nunggu lama," lanjutnya.

Dia menambahkan di era sekarang yang terkoneksi dengan teknologi yang semakin canggih, Jokowi mengatakan segala sesuatunya juga dituntut menjadi serba cepat. Untuk itu, pengurusan pajak yang terlalu lama ini akan menjadi salah satu penghambat pengusaha.


Di kesempatan yang sama, Jokowi juga bertanya kepada pengusaha apakah ada keluhan terkait pengurusan pinjaman melalui bank. "Untuk pinjaman ke bank, masih sulit ndak? Coba saya minta yang ngomong sulit tadi maju, yang pinjam coba maju mumpung di sini ada pak Dirut BRI saya mau ngerti betul," ucap Jokowi.

Sedangkan ketika maju, ada pengusaha yang mengeluhkan kekhawatirannya jika meminjam uang di bank bisa menjadi sesuatu yang riba. Namun, Jokowi meyakinkan jika ada kekhawatiran seperti tersebut, bisa dilakukan di bank yang berlabel syariah.

"Kan sudah ada Bank Mandiri Syariah dan Bank BRI Syariah. Di sana sistemnya kan bagi hasil," pungkas Jokowi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed