Follow detikFinance
Jumat, 22 Jun 2018 20:18 WIB

Penampakan Bawang Merah Palsu Impor India

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi Foto: Tim Infografis: Zaki Alfarabi
FOKUS BERITA Bawang Merah 'Palsu'
Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memberi tips agar masyarakat dapat membedakan bawang merah palsu yang ternyata adalah bawang bombay.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Suwandi mengimbau agar masyarakat berhati-hati sebelum membeli bawang merah. Bahkan, bila menemukan masyarakat diminta untuk melaporkan ke pihak berwajib.

"Konsumen hati-hati beli produk. Jangan ketipu, terus kalau ketahuan ada yang jual bawang bombay mini jadi bawang merah itu dilaporin saja," katanya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (22/6/2018).


Ia memaparkan, ciri-ciri bawang merah 'palsu' tersebut tidak memiliki siung. Hal tersebut berbeda dengan bawang merah yang asli.

"Itu ada ciri-cirinya, bombay mini itu nggak ada siungnya, jadi satu buletan isinya lapis-lapis saja gitu, kalau bawang merah itu ada siungnya, ada dua, ada tiga," terangnya.

Bawang Merah PalsuBawang Merah Palsu Foto: dok. Kementerian Pertanian

Lebih lanjut, ia mengungkapkan rasa dari bawang merah 'palsu' pun berbeda dengan bawang merah asli.

"Terus rasanya juga beda. Ruginya ya bawang bombay itu dijual jadi bawang merah, padahal harga bawang bombay lebih murah dari itu harusnya," tutupnya.


Sementara itu, Kementan telah memblacklist lima perusahaan karena memalsukan penjualan bawang bombay asal India menjadi bawang merah. (dna/dna)
FOKUS BERITA Bawang Merah 'Palsu'
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed