Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 15:26 WIB

Laris Manis, Jersey Piala Dunia Nigeria Dipesan 3 Juta Orang

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: 20Detik Foto: 20Detik
Jakarta - Piala Dunia 2018 tengah berlangsung. Para penggemar sepak bola dari seluruh dunia mengenakan jersey kebanggaan negaranya. Namun tampaknya agak sulit mencari jersey Tim Nasional Nigeria.

Dikutip dari CNBC, Senin (25/6/2018), Jersey dengan pola zig-zag hijau dan putih ini dirancang oleh Nike. Dalam hitungan menit, jersey ini laris manis dibeli para penggemar dengan harga US$ 90 atau Rp 1,2 juta (kurs Rp 14.000).


Sebelum dirilis secara resmi pada 1 Juni, Nike telah menerima tiga juta pesanan untuk jersey tersebut. Ini merupakan rekor terbaru untuk Afrika dan bahkan beberapa klub sepak bola terbesar di dunia.

Perlu diketahui, Manchester United berhasil menjual jersey hingga 2,5 juta penjualan di 2016.

Permintaan yang tinggi untuk jersey Nigeria belum pernah terjadi sebelumnya. Desain retro yang unik membuatnya menarik bagi banyak orang dan penggemar olahraga.

Laris Manis, Jersey Piala Dunia Nigeria Dipesan 3 Juta OrangFoto: Internet

Dengan popularitasnya, juga ada jersey palsu dengan harga yang jauh lebih murah. Ini membuat organisasi sepak bola Nigeria cukup jengkel.

Pada tahun 2015, organisasi ini setuju untuk bermitra dengan Nike dalam kesepakatan tiga setengah tahun senilai US$ 3,75 juta dengan bonus US$ 500.000 jika tim Elang Super bisa lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia.


Penjualan berkelanjutan kaos palsu dapat merugikan kesepakatan kemitraan di masa depan dan membuat citra merek menjadi anjlok.

"Nike belum berencana untuk menjual kembali jersey tersebut," kata Nike dalam cuitannya di akun twitter @NikeUK.

Tetapi jika anda punya banyak uang, anda dapat menemukan jersey yang dijual online seperti eBay seharga US$ 398, atau tiga kali dari harga asli.

Meskipun jersey laris manis terjual, tim Nasional Nigeria belum mampu membayar hal yang serupa kepada para penggemar. Nigeria menderita kekalahan 2-0 pembukaan untuk Kroasia Sabtu lalu. Pada hari Jumat, mereka berhadapan melawan Islandia dalam pertandingan grup kedua mereka. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed