Follow detikFinance
Senin, 25 Jun 2018 16:20 WIB

Polisi Ungkap Cara Bedakan Bawang Merah 'Palsu' dan yang Asli

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Bawang Merah Asli memiliki siung (Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance) Bawang Merah Asli memiliki siung (Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance)
FOKUS BERITA Bawang Merah 'Palsu'
Medan - Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Komisaris Besar Daniel TM Silitonga menjelaskan temuan mengenai adanya bawang merah 'palsu' yang ditemukan di Kota Medan memiliki ciri khusus.

Bawang merah palsu yang ditemukan adalah jenis bawang bombay merah yang ukurannya di bawah standar.

Daniel yang sudah mendapat laporan dari Asosiasi Petani Bawang sudah punya cara untuk membedakan bawang merah dan bawang merah palsu :

Polisi Ungkap Cara Bedakan Bawang Merah 'Palsu' dan yang AsliBawang Bombay Merah Mini yang dijual jadi Bawang Merah 'Palsu' Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

1. Bawang bombay merah impor baik yang ukurannya kecil sampai yang besar memiliki PH air lebih tinggi atau jenis bawangnya lebih basah. Sementara bawang merah memiliki tekstur yang lebih padat dan kering.

2. Bawang merah lokal tidak bisa dimasak sebagai fried ring onion. Kenapa? Karena bawang merah lokal memiliki lebih dari dua sampai lima umbi. Untuk ukuran yang kecil mungkin hanya memiliki satu umbi.

Namun untuk bawang merah besar ia akan memiliki beberapa umbi di dalam satu lapisan bawang. Hal itu yang membuat bawang merah lokal tidak bisa dibuat makanan ringan seperti fried ring onion karena menu ini bahan bakunya bawang bombay.

Bawang Merah Asli memiliki SiungBawang Merah Asli memiliki Siung Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance

3. Ketika digoreng bawang lokal memiliki aroma yang lebih sedap.

4. Ketika bawang merah dikupas kulit yang bagian terluarnya, bawang merah palsu memiliki warna merah yang lebih gelap. Sementara bawang merah asli di dalam negeri memiliki warna yang lebih pucat.

(dna/dna)
FOKUS BERITA Bawang Merah 'Palsu'
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed