Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Jun 2018 19:56 WIB

Kelamaan 'Dipendam' Bikin Kualitas Beras Miskin Rendah

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Pemerintah memiliki program bantuan untuk masyarakat berupa beras miskin (raskin) atau sekarang yang diganti menjadi beras sejahtera (rastra). Namun sayang, kualitas beras tersebut menurun lantaran terlalu lama disimpan.

Hasil temuan Bulog, ada beras miskin yang disimpan di gudang bulog hingga 1,5 lebih.


Kelamaan 'Dipendam' Bikin Kualitas Beras Miskin RendahFoto: Uje Hartono/detikcom

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengatakan kondisi beras di gudang Bulog yang 'dipendam teralalu lama mengalami perubahan aroma menjadi tidak sedap dan mulai dihinggapi kutu. Fisiknya pun berubah hingga tidak enak bila dimasak.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pembenahan untuk menjamin kualitas dan mutu beras yang baik. Hal ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan secara teliti.

"Kualitas mutunya rendah bau atau ada kutunya tidak akan terjadi lagi karena kita akan periksa dan teliti evaluasi," katanya di Kementerian Sosial, Jakarta, Selasa (26/6/2018).


Selain itu, Buwas juga akan melakukan disposal atau pengeluaran beras dari gudang Bulog bila berusia lebih dari empat bulan.

"Sehingga beras yang sudah tidak layak atau nilanya turun akan kita disposal dan akan kita ganti berkualitas. Maksimal beras yang ada di Bulog lama 4 bulan. Lebih dari itu akan dikeluarkan dari gudang Bulog," sambungnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com