Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Jul 2018 12:29 WIB

Mau Mulai Bisnis Seperti si Raja Sengon, Butuh Modal Berapa?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ardian Fanani Foto: Ardian Fanani
FOKUS BERITA Raja Sengon Banyuwangi
Jakarta - Bisnis sengon dinilai memiliki prospek yang menguntungkan. Terlebih saat adanya viral seorang pria asal Banyuwangi, Wahyu Widodo, yang mengaku tajir melintir karena menjalani bisnis tersebut.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Purwadi Soeprihanto mengakui bahwa bisnis sengon memang sedang naik daun. Dia mengatakan bahwa memulai bisnis sengon tak sulit untuk dilakukan.

Purwadi menjelaskan, menanam pohon sengon tak memerlukan modal yang besar. Dengan uang sekitar Rp 10 juta, maka bisnis sengon sudah bisa dijalani.

"Biaya investasinya nggak sampai Rp 10 juta per hektar, apalagi tanah di jawa relatif subur ya. Jadi dengan 8 tahun cepat sekali balik modal lah," jelasnya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (3/7/2018).


Biaya tersebut, kata dia, bisa digunakan untuk pembelian bibit serta perawatan dari tanaman atau pohon sengon.

"Kalau untuk bibit gampang sekali diperoleh, ada jenis-jenis bibit tertentu yang itu bibit unggul itu yang pertumbuhannya sangat cepat," katanya.

Sementara untuk soal lahan, Purwadi juga mengatakan bahwa lahan yang disiapkan untuk memulai bisnis sengon tak perlu luas. Cukup dengan lahan sekitar 300-500 meter persegi maka sengon sudah bisa dibudidaya.

"Sengon itu di Jawa sudah di kelola dalam hutan rakyat, seperti kebun ya. Tidak perlu ekstensifikasi. Kita punya lahan kurang lebih 300-500 meter itu sudah bisa," jelasnya.

(fdl/eds)
FOKUS BERITA Raja Sengon Banyuwangi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed