Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 06 Jul 2018 11:30 WIB

Jokowi Ingatkan Bupati Se-Indonesia soal Izin Online OSS

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pemerintah pusat tengah membangunan sistem perizinan usaha yang cepat dan terintegrasi dengan pemerintah daerah. Sistem tersebut adalah online single submission (OSS) atau sistem perizinan online terintegrasi.

Jokowi mengatakan sistem perizinan terintegrasi ini menjadi salah satu upaya pemerintah membenahi persoalan dalam pengurusan izin usaha.

"Kalau urus izin seminggu, lebih sebulan, lebih setahun, apa-apaan? Investor mana yang mau datang kalau keadaan sekarang diterus-teruskan," kata Jokowi saat membuka rakerna Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke XI di ICE BSD, Banten, Jumat (6/7/2018).

Dengan sistem OSS ini, kata Jokowi, akan segera diluncurkan oleh pemerintah dalam waktu dekat. Hal itu menunggu seluruh daerah siap untuk mengimplementasikannya.

"Sekarang pemerintah pusat memiliki melalui BKPM sistem 1 jam untuk 9 izin, ini sekarang kita membuat OSS mungkin minggu ini akan kita launching," ujar dia.

Jika sistem OSS sudah diterapkan, maka seluruh proses perizinan baik di pusat maupun di daerah dapat terpantau. Sehingga, jika ada proses yang tersendat bisa segera diselesaikan.

"Nanti bisa di-track, di mana yang berhenti, kenapa berhenti, ya memang ini jamannya serba cepat," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan kepada seluruh bupati agar bisa menyesuaikan proses perizinan yang cepat seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat.

"Sekarang bukan lagi negara besar mengalahkan kecil, tapi negara cepat mengalahkan yang lambat, kecepatan melayani, bertindak, mindset itu harus dimiliki, tanpa itu jangan bicara daya saing, inilah yang ingin terus saya ingatkan, agar pekerjaan besar bisa kita selesaikan," tutup dia.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com