ADVERTISEMENT

Uni Eropa Bakal Kenakan Tarif Baru Saus Tomat AS

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Sabtu, 07 Jul 2018 18:00 WIB
Ilustrasi Saus Tomat/Foto: iStock
Jakarta - Uni Eropa saat ini sedang menyiapkan ancaman balik kepada Amerika Serikat (AS) terkait rencana kenaikan tarif mobil Eropa. Rencanannya, Uni Eropa bakal mengenakan tarif baru untuk saus tomat asal Negeri Paman Sam tersebut.

Dari daftar tersebut tercatat saus tomat yang bernilai US$ 21,07 miliar akan dijadikan ancaman balik Uni Eropa. Selain itu, ikan beku, kismis, dan perekat juga dinilai memiliki potensi untuk diatur tarif barunya.


Dikutip dari CNBC, Sabtu (7/7/2018) dalam beberapa minggu mendatang Presiden AS Donald Trump akan memutuskan pengenaan pajak tambahan pada mobil Eropa. Hal tersebut yang membuat Eropa mengancam balik AS.

Berdasarkan data dari pusat statistik Eropa, Eurostat pada 2016 nilai impor mobil Eropa ke AS sebesar US$ 296,12 miliar atau 254 miliar euro. Sedangkan Eropa hanya mengimpor dari AS sebesar 77 miliar euro.


Sementara itu, pada akhir Juni Eropa telah memberikan tarif baru pada selai kacang, jeans, dan sepeda motor setelah Trump mengumumkan tarif 25% pada baja Eropa dan 10% terhadap alumunium Eropa. (ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT