Alasan Pedagang Jual Kaos #2019GantiPresiden

Rizki Ati Hulwa - detikFinance
Senin, 09 Jul 2018 18:29 WIB
Foto: Tim Infografis - Fuad Hasim
Jakarta - Beberapa bulan lalu tagar Ganti Presiden sempat viral di media sosial. Hal ini ternyata dianggap sebagai peluang bisnis bagi pedagang dengan menjajakan kaos #2019GantiPresiden sebagai barang dagangannya.

Salah satunya seperti terlihat di Pasar Tanah Abang Blok B Lt.3 dan. Beberapa kios tampak memajang kaos #2019GantiPresiden di display kiosnya. Apa yang menjadi alasan para pedagang menjual kaos bertemakan politik ini?

"Saya ikut jualan karena lagi ramai aja seperti kios-kios lain," kata May, salah seorang pedagang saat ditemui di lokasi, Senin (9/7/2018).

Dia bilang penjualan kaos #2019GantiPresiden mulai marak sejak tiga hingga empat bulan yang lalu. May sendiri baru berjualan ketika bulan puasa lalu, namun saat ini penjualan kaos bertagar 2019 Ganti Presiden tersebut tengah sepi.



Namun dia mengakui, saat booming tiga bulan lalu, omzetnya naik lantaran banyak yang membeli kaos tersebut. Kaos tersebut banyak dibeli dalam satuan lusin sekaligus.

"Ada yang beli hingga 5 setengah lusin dalam sehari dulunya," tambahnya.

Kaos yang dijual dengan harga Rp 35 ribu tersebut bisa lebih murah bila membelinya lusinan.

Selain kaos bertuliskan #2019GantiPresiden, juga ada kaos yang bertuliskan tagar 2019 Tetap Jokowi. Harga yang ditawarkan sama dan pilihan warna juga sama, hitam dan putih, namun memang kaos dengan tagar pertama jauh lebih banyak yang terjual.

Selain kaos #2019GantiPresiden, kaos #2019TetapJokowi juga ada yang menjualSelain kaos #2019GantiPresiden, kaos #2019TetapJokowi juga ada yang menjual Foto: Rizki Ati Hulwa


(eds/eds)