Follow detikFinance
Selasa, 10 Jul 2018 12:34 WIB

Ini Latar Belakang Menantu Erdogan yang Diangkat Jadi Menkeu Turki

Danang Sugianto - detikFinance
Berat Albayrak (dasi ungu). Foto: Reuters Berat Albayrak (dasi ungu). Foto: Reuters
Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengambil keputusan yang sensasional. Dia mengangkat menantunya, Berat Albayrak sebagai Menteri Keuangan Turki.

Lalu siapa sebenarnya Berat Albayrak?

Melansir berbagai sumber, Selasa (10/7/2018), Berat merupakan pengusaha sekaligus politikus yang lahir pada 1 Januari 1978.

Berat sendiri pernah menjadi CEO Calik Holding, sebuah kerajaan bisnis yang bergerak di sektor energi, konstruksi, pertambangan, tekstil, keuangan dan telekomunikasi. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1980-an.

Berat bergabung di perusahaan itu pada 1999. Lalu pada 2002 dia diangkat menjadi Direktur Keuangan. Barulah pada 2007 dia diangkat menjadi CEO Calik Holding.



Saksikan juga video 'Erdogan Janji Jadikan Turki 10 Besar Kekuatan Ekonomi Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Calık Holding sendiri memiliki pegawai lebih dari 28.000 orang di 17 negara. Perusahaan ini memiliki aset bernilai US$ 7,6 miliar.

Berat juga pernah menjadi anggota parlemen sejak Juni 2015. Dia juga pernah didapuk menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Alam pada November 2015.

Pria yang baru berusia 40 tahun ini merupakan putra dari Sadik Albayrak, seorang jurnalis dan politisi Turki. Dia mengenyam pendidikan di Istanbul University. Kemudian meneruskan di Lubin School of Business dan Pace University di New York.

Ini Latar Belakang Menantu Erdogan yang Diangkat Jadi Menkeu Turki
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed