Follow detikFinance
Selasa, 10 Jul 2018 22:47 WIB

Susi Punya Hadiah untuk HUT RI ke-73, Apa Ya?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Agung Pambudhy Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menggelar Silaturahmi dan sarasehan gerakan Harmoni Laut bersama yang tergabung dalam Pandu Laut Nusantara di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Susi mengatakan punya hadiah untuk ulang tahun RI yang ke 73. Penasaran apa sih hadiahnya?

"Kami punya 94 kapal, dikurangi 17 kapal yang disita untuk negara. Jadi ada 77 yang akan kami tenggelamkan," kata dia dalam acara yang digelar di kantor KKP, Jakarta, Selasa malam (10/7/2018).


Ia menyebut, kapal yang akan ditenggelamkan tersebut disiapkannya sebagai hadiah ulang tahun RI yang bakal jatuh pada 17 Agustus mendatang.

"Akan kita lakukan sebagai hadiah ulang tahun Indonesia yang ke 73," sebutnya.


Kenapa kapal maling ikan harus ditenggelamkan?

"Eksekusi undang-undang perikanan kita, tenggelamkan dan beritakan agar ada efek jera. Kapal ditenggelamkan dan sekarang jadi rumah ikan. Saya pikir dulu kau curi ikan sekarang kau jadi rumah ikan," jawab Susi.

Susi menambahkan kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan telah mendongkrak produksi ikan nasional, karena stoknya naik 2 kali lipat.
Meski sudah mengusir hingga menenggelamkan kapal maling ikan, bukan berarti tugas Susi rampung

"Ada 10.000 kapal lebih yang pergi, mereka tidak akan menyerah. mereka akan kembali," tandasnya.

Dari pantauan detikFinance ada beberapa komunitas yang hadir. Beberapa diantaranya adalah perwakilan dari asosiasi penyelam, pengelola usaha wisata bahari, pengelola kapal wisata bahari, kelompok pecinta lingkungan, mahasiswa pecinta lingkungan.

Tampak hadir pula musisi Akhadi Wira Satriaji atau yang biasa dikenal Kaka Slank. Kehadiran Kaka Slank dalam kesempatan ini adalah karena dia salah satu inisiator komunitas Pandu Laut Nusantara. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed