Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 12:08 WIB

Menteri-menteri Jokowi Ke Kantor BKPM, Ada Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pagi ini datang ke Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.

Mereka tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangannya untuk memberi penghargaan bagi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di bidang investasi. Selain itu juga hadir Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial mewakili Menteri ESDM Ignasius Jonan. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).


Kepala BKPM Thomas Lembong, dalam sambutannya mengatakan pentingnya peran investasi bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan, selama empat kuartal terakhir pertumbuhan ekonomi disebutnya tertolong oleh investasi.

"Dalam 4 kuartal terakhir, yang menyelamatkan pertumbuhan ekonomi itu investasi. Jadi terima kasih dan selamat atas keberhasilan ini," sebutnya di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Dia menyampaikan, investasi memiliki peran kritis. Di pemerintahan saat ini, investasi mendapatkan perhatian khusus.

"Kita semua mengerti peran kritis investasi dalam 4-5 tahun terakhir. 3 tahun lalu presiden (Joko Widodo) mengatakan dengan tegas bahwa ekonomi perlu bergeser dari konsumsi ke produksi, konsumsi ke investasi," ujarnya.


Untuk mendorong itu, tentu ada peran penting dari ujung tombak perizinan yakni di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Yang menjadi penting dalam menggenjot investasi adalah layanan. Itu lah sentuhan wajah yang kita berikan kepada investor. Bujuk rayu, insentif yang kita berikan tapi kalau pelayanan tidak baik dia pasti kecewa," tambahnya.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan tersebut, BKPM hari ini menyelenggarakan kegiatan penghargaan terhadap PTSP di bidang Penanaman Modal daerah di seluruh Indonesia.

BKPM melakukan kualifikasi penilaian terhadap 565 PTSP di 34 Provinsi, 416 Kabupaten, 98 Kota, 12 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), 5 Kawasan Perdagangan Bebas, dan Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Dalam acara tersebut, hadir pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed