Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 18:08 WIB

BI Catat Jumlah Lowongan Kerja di Kuartal II-2018 Naik 19,2%

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah melakukan survei tentang jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia di kuartal II-2018. Hasilnya jumlah pertumbuhan jumlah lowongan kerja secara year on year lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati menjelaskan, hasil survei BI mencatat jumlah lowongan kerja di kuartal II-2018 tumbuh 19,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka itu meningkat dari pertumbuhan di kuartal I-2018 sebesar 18,74%.

"Lowongan pekerjaan ini survei bukan konvensional biasa, tapi pakai big data. Jadi seluruh penawaran pekerja lewat online kita tarik datanya, lalu duplikasi kami hilangkan," tuturnya di Gedung BI, Jakarta, Kamis (12/7/2018).



Peningkatan jumlah lowongan pekerjaan itu terjadi di beberapa sektor perusahaan. Di antaranya jasa keuangan dan asuransi (47,7%), perdagangan besar dan eceran (25,1%), pertambangan dan penggalian (53,5%), penyediaan akomodasi dan makanan minuman (16,4%), dan sektor konstruksi (48,5%).

"Ini jadi indikator buat ekonomi sektor apa yang tumbuh lebih baik," tambahnya.



Sementara dari sisi wilayah, Yati mengatakan, pertumbuhan lowongan kerja paling banyak dari luar Pulau Jawa, terutama di Sumatera dan Kalimantan.

"Di Jawa memang masih cukup tinggi di atas 10%. Tapi trendnya menurun meskipun masih tumbuh," tambahnya.

Namun pertumbuhan lowongan pekerjaan itu paling banyak untuk sektor formal sekitar 85% dari data BI. Sementara sektor informal hanya 15%. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed