Follow detikFinance
Jumat, 13 Jul 2018 19:12 WIB

Darmin Lantik Sekretaris Baru Kemenko Perekonomian

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melantik Susiwijono sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko). Kini pejabat eselon I di Kemenko Perekonomian pun sudah lengkap.

Susiwijono yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi Kementerian Keuangan. Ia kini menggantikan Lukita Dinarsyah Tuwo yang menjabat sebagai Kepala BP Batam.

"Apakah anda bersedia diambil sumpah?" kata Darmin di Graha Sawala Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

"Bersedia," jawab Susiwijono.


"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan taat pada undang-undang dasar (UUD) 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan," tambah Darmin yang diikuti Susiwijono.

Darmin mengungkapkan bahwa proses penyaringan calon Sesmenko Perekonomian telah berlangsung beberapa waktu lalu. Sebab, dirinya ingin memastikan pejabat yang mengisi posisi tersebut merupakan sosok yang tepat.

"Orang yang bukan hanya capable tetapi punya pengalaman dan mampu berkomunikasi dengan berbagai level tingkatan di kantor Kemenko, di luar kantor Kemenko, maupun masyarakat. Hal itu penting karena di kantor Kemenko kita banyak sekali banyak melakukan kegiatan yang sifatnya perlu dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat," kata Darmin.

Darmin juga membeberkan alasannya memilih Susiwijono sebagai Sesmenko yang baru karena berasal dari Kementerian Keuangan. Di mana, salah satu institusi yang memiliki segudang prestasi.

"Sehingga saya merasa bahwa kapasitas dan kualitas Pak Susi akan bisa memperbaiki, bukan hanya mempertahankan apa yang sudah kita capai selama ini," jelas dia.

Darmin menyebut, prestasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian adalah berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak 2011-2017.


Kemudian penyerapan anggaran Kemenko Perekonomian selama dua tahun terakhir di atas 90%, di 2017 mencapai 96,38%. Kata Darmin, ini menjadi rekor penyerapan tertinggi kantor Kemenko Perekonomian, capaian realisasi anggaran tersebut menempatkan instansi yang dipimpinnya menduduki peringkat 11 dari 87 K/L dalam capaian realisasi anggaran.

Namun untuk evaluasi reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kementerian PANRB nilainya baru mencapai 75,5 atau BB. Hal ini jauh dibandingkan dengan Kementerian Keuangan yang telah mendapatkan nilai A.

"Makanya nyarinya di Kementerian Keuangan, selamat datang Pak Susi, sebenarnya Pak Susi sudah terlibat banyak pada tugas di kantor Kemenko, pasti tidak ada kecanggungan, pasti mengenal kantor menko, itu harapannya. Semoga terkabul dan tercapai," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed