Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Jul 2018 15:05 WIB

Cerita Sri Mulyani Sulit Pajaki Google dan Facebook

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbagi cerita bagaimana Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) sulit menarik pajak dari entitas teknologi informasi global seperti Google dan Facebook. Hal itu diungkapkannya pada saat menjadi pembina upacara dalam memperingati Hari Pajak.

Di depan pegawai pajak, Sri Mulyani bilang kesulitan memajaki perusahaan top dunia itu pun dirasakan oleh semua negara.

"Kita melihat bagaimana konsep permanent establishment yang selama ini dianut mulai menjadi kurang relevan di tengah pesatnya perkembangan teknologi sehingga hal tersebut selalu menjadi bahasan di dunia," kata Sri Mulyani di kantor pajak pusat, Jakarta, Sabtu (14/7/2018).

"Kita melihat bagaimana bahkan negara-negara maju mengalami kesulitan memaksa entitas teknologi informasi global seperti Google, Facebook untuk membayar pajak," tambah dia.



Oleh karena itu, Sri Mulyani meminta kepada seluruh pegawai pajak untuk selalu berinovasi, meningkatkan diri, selalu jelas, dan jeli dalam menyikapi perubahan yang serba cepat ini.

"Tax evasion dan tax avoidance yang semakin kompleks dan canggih harus dapat diantisipasi," jelas dia.

Upaya yang terus dilakukan pemerintah adalah dengan reformasi perpajakan yang sampai saat ini berjalan. Bahkan, Ditjen Pajak dengan Ditjen Bea Cukai pun memiliki program sinergi dalam melaksanakan pengumpulan pajak.

Pada 2018, kata Sri Mulyani, program sinergi itu terdiri dari delapan program utama, yakni joint analysis, joint audit, joint collection, joint investigation, joint proses bisnis, single profile, secondment, dan program sinergi lainnya.

"Diharapkan pelaksanaan program sinergi ini dapat mencapai hasil sesuai target sebagaimana hasil yang telah diperoleh pada tahun lalu," ungkap dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed