Follow detikFinance
Minggu, 15 Jul 2018 19:54 WIB

Ingin Rest Area Diisi Produk Lokal, Jokowi Bakal Terbitkan Inpres

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Foto: Ragil Ajiyanto detikcom Foto: Ragil Ajiyanto detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo, meminta rest area-rest area di jalan tol untuk diisi dengan produk-produk lokal. Jokowi pun memerintahkan kepala daerah untuk menjalin kerja sama dengan pihak pengelola.

"Di semua jalan tol yang ada rest area, silahkan Bupati, Walikota, Gubernur untuk bekerja sama dengan pengelola, BUMN yang mengelola jalan tol," kata Joko Widodo saat meresmikan jalan tol ruas Kartasura-Sragen di gerbang tol Ngemplak, Boyolali, Minggu (15/7/2018).

Produk-produk unggulan dari wilayah tersebut bisa dijual di rest area terdekat. Tidak hanya makanan dan minuman, tetapi juga produk-produk yang menjadi unggulan daerah setempat.


"Telur asin, batik, kerajinan. Saya kira bisa ditampilkan semuanya di rest area - rest area. Karena di situlah biasanya kegiatan ekonomi tumbuh dengan cepat," ujar Jokowi.

Jokowi pun menyatakan keseriusannya, agar setiap rest area jalan tol ini diisi dengan produk-produk lokal. Bahkan, jika perintahnya secara lesan itu tidak dilaksanakan, maka dia akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres).

"Kalau perintah belum dilaksanakan, pasti pakai tertulis dengan Instruksi Presiden. Tapi kalau perintahnya sudah dilaksanakan, tidak perlu Inpres," tandasnya.



Penempatan produk-produk lokal di setiap rest area jalan tol, lanjut Jokowi, sebagai bentuk keberpihakan pada pelaku UMKM lokal. Sehingga mereka tetap berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ini urusan keberpihakan pada brand-brand lokal," imbuh Jokowi.

Terkiat dengan kemungkinan adanya subsidi bagi UMKM untuk sewa tempat di rest area tersebut, Jokowi menyebut, hal itu urusan menteri terkait untuk membicarakannya.

"Itu nanti bagiannya menteri. Saya kira bisa disubsidi dari Kementerian," katanya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed