Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Jul 2018 18:40 WIB

Jokowi Minta Rest Area Diisi Produk Lokal, UMKM Perlu Lakukan Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah agar rest area di jalan tol tidak diisi produk asing, melainkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bank Indonesia (BI) mendukung permintaan Jokowi ini karena mendorong UMKM mengembangkan usahannya.

BI mengharapkan UMKM memanfaatkan seruan Jokowi ini sambil meningkatkan tampilan pengemasan produk.


"Iya, kita harus kasih (UMKM) kesempatan. Makanya UMKM itu harus dibagusin kemasannya, ada memenuhi persyaratan izin-izin kesehatan supaya nggak ragu lagi (masyarakat) memproduksi dan mengonsumsi," ujar Kepala Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia (BI) Yunita Resmi Sari di Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

BI terus mendorong UMKM untuk mampu bersaing dengan produk asing yang selama ini berjualan di rest area.


"Secara bertahap ya karena perizinan kan butuh biaya dan effort makanya kita bantu pasti bisa itu kapan saja bisa sepanjang sudah memenuhi persyaratan label kemasan, izin, dan lain-lain," terangnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga menyatakan keseriusannya untuk mendorong UMKM agar bisa mengisi dan bersaing dengan produk asing di rest area dengan mengeluarkan instruksi presiden (inpres) bila tidak dilaksanakan.


"Kalau perintah belum dilaksanakan, pasti pakai tertulis dengan Instruksi Presiden. Tapi kalau perintahnya sudah dilaksanakan, tidak perlu Inpres," tutur Jokowi saat peresmian Tol Kartasura-Sragen, di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com