Follow detikFinance
Jumat, 20 Jul 2018 17:18 WIB

AirAsia X Borong 34 Pesawat Airbus A330neo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. AirAsia Foto: Dok. AirAsia
Farnborough - AirAsia X kembali memesan 34 pesawat lorong ganda dari Airbus A330neo. Pemesanan ini diumumkan di Farnborough Air Show di Inggris.

Perjanjian ini membuat posisi AirAsia X sebagai maskapai pelanggan terbesar A330neo dengan total pemesanan menjadi 100 pesawat. Seluruh pesawat A330neo yang dipesan oleh AirAsia X merupakan model yang lebih besar yakni A330-900.

AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Group Chief Executive Officer Kamarudin Meranun mengatakan, perusahaan mengupayakan penerbangan jarak jauh dengan biaya murah.

"Penerbangan jarak jauh berbiaya rendah adalah sesuatu yang sangat kami percayai, dan pemesanan ini mencerminkan keyakinan kami pada model bisnis AirAsia X," jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

AirAsia X akan menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan A330neo di Asia, dengan pengiriman pesawat pertama dijadwalkan pada kuartal IV 2019. A330neo akan dioperasikan oleh AirAsia X di Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

AirAsia Co-Founder dan AirAsia X Co-Group Chief Executive Officer Tan Sri Tony Fernandes mengatakan, AirAsia sebelumnya telah memesan 66 pesawat A330neo. 34 pesawat yang dipesan akan memperbanyak jaringan AirAsia.

"Penegasan kembali pesanan atas 66 A330neo yang sebelumnya dan penambahan 34 pesawat lagi, merupakan sebuah keputusan yang lahir dari evaluasi pesawat yang mungkin paling menyeluruh di industri penerbangan. Kami telah melihat setiap sisi A330neo mulai dari kinerja teknis dan keandalan hingga kenyamanan penumpang dan jelas inilah pesawat yang tepat untuk mendukung kami memperluas jaringan penerbangan jarak jauh secara efisien," paparnya.

Untuk diketahui, A330neo merupakan versi terbaru dari A330 yang berlorong ganda. Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000 generasi baru, penyempurnaan sayap, dan penggunaan material komposit yang lebih banyak.

Hal tersebut menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat hingga 25% jika dibandingkan dengan pesawat dari generasi sebelumnya yang memiliki ukuran kurang lebih sama.

Saat ini pesawat A330neo hampir menyelesaikan rangkaian uji penerbangan dengan proses sertifikasi diperkirakan selesai dalam beberapa minggu mendatang. Kemudian, pesawat ini akan mulai terbang bersama maskapai di bulan September. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed