Follow detikFinance
Jumat, 20 Jul 2018 20:23 WIB

Pemerintah Siapkan 240 BRT, 90 Unit Dipesan di Semarang

EkoSusanto - detikFinance
Foto: Eko Susanto/detikcom Foto: Eko Susanto/detikcom
Ungaran - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memesan 90 Bus Rapid Transit (BRT) di Karoseri Laksana, Ungaran, Kabupaten Semarang. Nantinya setelah selesai bus tersebut akan dikirim menuju sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan tahun ini melakukan pengadaan BRT sebanyak 240 unit dan bus sekolah 180 unit. Rencananya, nantinya bus tersebut akan diberikan kepada daerah-daerah, termasuk pula untuk bus sekolah.

"Kita harapkan sesuai arahan Pak Menteri Perhubungan sudah bisa selesai. Terutama untuk bus sekolah karena memang banyak dibutuhkan pemerintah kabupaten/kota, termasuk juga perguruan tinggi yayasan sudah mau kita kirim ke masing-masing daerah," katanya di sela-sela pengecekan pemesanan BRT di Karoseri Laksana, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (20/7/2018).

"Ini adalah yang tahap sebelum 2019. 2019, saya harus mencapai renstra kita masih penambahan lagi pengadaan BRT termasuk bus sekolah sekitar 400-an," katanya.

Untuk pemesanan BRT di Karosesi Laksana, kata Budi, ada 90 unit. Selain itu, ada juga di New Armada (Magelang), di Trentrem (Malang) dan Restu Ibu (Bogor).

"Di sini ada 90 unit, nanti kita distribusikan ke kabupaten/kota. Kalau untuk bus sekolah bisa ke kabupaten/kota, perguruan tinggi, bisa juga ke sekolah-sekolah sesuai dengan prioritas kita," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya didampingi manajemen karoseri Laksana melihat secara langsung proses perakitan bus. Bahkan, Dirjen Perhubungan Darat menyempatkan diri mencoba kemudi salah satu BRT yang dipesannya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed