Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Jul 2018 12:11 WIB

Rombongan Turis China Disangka Serbuan Tenaga Kerja Asing

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Menaker Hanif Dakhiri sidak TKA China di Bogor. Foto: Istimewa Menaker Hanif Dakhiri sidak TKA China di Bogor. Foto: Istimewa
Jakarta - Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Indonesia baru-baru ini jadi sorotan. Ada kabar RI diserbu ribuan bahkan jutaan TKA, terutama berasal dari China.

Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika mengatakan rasio dan jumlah TKA di Indonesia tidak besar. Jadi seharusnya tidak ada masalah.

Untuk melihat data terakhir TKA yang dikeluarkan Kemenaker bisa dilihat di infografis di bawah ini.
Rombongan Turis China Disangka Serbuan Tenaga Kerja AsingFoto: Tim Infografis: Mindra Purnomo

"Di Sulawesi Utara, sejak ada penerbangan direct dari China ke Manado, Lion Air, itu seminggu minimal ada 2.000 turis China. Kalau kita pergi ke sana, bisa lihat restoran-restoran itu penuh," ujar Erani saat saat berkunjung ke markas detikcom, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018).

"Sebagian orang ada yang mengasosiasikan itu sebagai tenaga kerja asing. Ambil video di pesawat penuh turis China, terus disebarkan dibilang itu tenaga kerja China, padahal itu turis," katanya.

"Nah itu yang perlu kita luruskan juga. Orang China yang datang ke sini itu bukan bekerja, tapi turis yang mendatangkan devisa," tambahnya. (ang/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed