Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Agu 2018 14:55 WIB

Bisnis Sempat Tak Direstui Keluarga, Kini Sepatunya Dipakai Jokowi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa (instagram @nah.project) Foto: Istimewa (instagram @nah.project)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini tampil sederhana menggunakan sepatu sneakers, yang belakangan diketahui buatan lokal berlabel Nah Project. Rizky, salah satu Founder sekaligus CEO Nah Project menceritakan lika-liku hingga akhirnya sepatu buatannya dipakai Jokowi.

Dia menceritakan, di awal akan merintis usaha pembuatan sepatu, keluarga menolak. Alasannya karena pendidikan yang dia jalani di bangku kuliah bertolak belakang dengan keinginannya tersebut.

Rizky adalah mahasiswa lulusan Teknik Biologi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Wajar saja jika keluarga tidak setuju dia banting stir dari ilmu yang didapatnya saat kuliah.

"Keluarga itu yang paling nggak setuju banget dari awal, karena kan saya punya latarbelakang pendidikannya kan beda, lulus di Teknik Biologi di Bandung di ITB," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (2/8/2018).



Demi mewujudkan keinginan mendirikan bisnis pembuatan sepatu, dia pun tak segan menolak tawaran kerja di sejumlah perusahaan tambang ternama, salah satunya Freeport Indonesia.

"Sejak lulus sebenarnya ada beberapa tawaran kerja di pertambangan, di Papua, ada di Freeport, dimana mana lah," sebutnya.

Dengan tekadnya itu, akhirnya dia memutuskan untuk serius merintis usahanya, dengan bermodal sedikit pengalaman.



"Saya sempat belajar marketing, terus penasaran industri kreatif enak, geregetan pengin bikin bisnis sendiri. Akhirnya tawaran (kerja) itu di awal awal saya tolak. Habis itu bikin bisnis sendiri mulai start dari awal di Bandung," ujarnya.

"Keluarga kan di Jakarta, waktu itu belum dapat restu, cuma ya sudah nekat saja jalanin dulu. Justru bisa buktiin kalau misalnya sukses kan bisa lebih bangga," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com