Follow detikFinance
Jumat, 03 Agu 2018 16:33 WIB

Harga Jengkol Dekati Harga Daging Sapi

Selfie - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pecinta jengkol sepertinya harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa mengkonsumsinya. Pasalnya, harga jengkol saat ini sedang melonjak tinggi, bahkan mencapai Rp 100.000/kilogram (kg) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tingginya harga jengkol ini hampir mendekati harga daging sapi segar per kg. Berdasarkan data infopanganJakarta, Jumat (3/8/2018), harga rata-rata daging sapi murni (semur) Rp 117.024/kg sedangkan rata-rata harga daging sapi has (paha) Rp 123.500/kg.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan tingginya harga jengkol saat ini disebabkan produksi yang sedang tersendat karena belum memasuki masa panen.

"(Mahal) Itu karena barangnya saja nggak ada, ini barangnya lagi nggak panen. Itu kan jengkol yang sekarang hasil sisa-sisa aja," kata dia kepada detikFinance, Jumat (3/8/3018).

Ngadiran menjelaskan, masa panen tanaman jengkol memiliki durasi. Setiap enam bualan sekali tanaman dengan aroma unik ini baru bisa masuk masa panen.

Untuk daerahnya sendiri, Sumatera dan Kalimantan adalah wilayah yang menjadi penghasil utama jengkol. Ngadiran menjelaskan, meski penen di dua pulau tersebut melimpah, namun tingkat konsumsi akan jengkol di dua pulau tersebut termasuk tinggi.

"Biasanya daerah panen itu Sumatera, Kalimantan. Itu banyak di Kalimantan Barat, itu Kalimantan Tengah, Sumatera, Lampung, Jambi itu daerahnya. Ini kan daerahnya lagi nggak panen," ujar dia.


Dia memperkirakan tanaman jengkol akan kembali memasuki musim panen pada bulan November dan Desember.

"Kalau musim panen jengkol itu setiap enam bulan sekali, dan terakhir itu tiga bulan lalu. Bakal ramai lagi jengkol itu di November dan Desember," kata dia.

Sebagai informasi dari hasil penelusuran detikcom, hampir seluruh daerah mengalami kenaikan harga jengkol.

Seperti di Jepara harga jengkol mencapai Rp 60.000/kg. Padahal Jepara termasuk daerah yang terkenal dengan produksi jengkolnya yang manis dan enak.

Untuk sebagian besar wilayah Jawa Barat, jengkol tembus harga hingga Rp 80.000/kg, padahal harga sebelumnya hanya Rp 20.000/kg.

Di Bogor tercatat harga jengkol ada di kisaran Rp 60.000/kg, harga ini tidak berubah dari harga sebelumnya.

Beralih ke pulau Sumatera, jengkol di Medan dibanderol dengan harga Rp 42.000/kg, naik dari harga normal Rp 30.000/kg. Sementara di Lampung harga jengkol Rp 50.000/kg.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed