Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Agu 2018 13:47 WIB

Prabowo Mau Singkirkan Ekonomi Neolib, Apa Sih Neolib Itu?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (Ahmad Bil Wahid/detikcom). Foto: Ketum Gerindra Prabowo Subianto. (Ahmad Bil Wahid/detikcom).
Jakarta - Gerindra menyebut visi-misi Prabowo Subianto sebagai capres berfokus pada perbaikan ekonomi demi menghapuskan paham neoliberalisme yang dijalankan pemerintah saat ini. Apa sih neolib itu?

Staf Ahli Presiden Bidang Kebijakan Ekonomi Ahmad Erani Yustika menjelaskan sejumlah pemahaman terkait ekonomi neoliberalisme. Dia mengungkapkan, beberapa pokok ide yang didorong oleh neoliberalisme adalah:
1. Menyerahkan ekonomi kepada mekanisme pasar
2. Disiplin fiskal dan fokus kepada stabilisasi ekonomi
3. Mendorong privatisasi secara gencar
4. Meliberalisaikan sektor perdagangan
5. Investasi asing tidak didiskriminasikan

"Bila mencermati kebijakan dan program yang dilakukan oleh pemerintah saat ini, justru berlawanan dengan kerangka kebijakan neoliberal," kata Erani kepada detikFinance, Selasa (7/8/2018).


Pasalnya, menurut dia saat ini pemerintah tidak membiarkan kegiatan ekonomi nasional pada mekanisme pasar. Saat ini, pemerintah fokus mengelola ekonomi dengan perencanaan yang solid.

Selain itu, pemerintah juga kerap menggunakan instrumen fiskal dan moneter secara sigap dan melakukan monitoring atau pengawasan secara intensif. Menurut dia kebijakan fiskal yang diambil pemerintah adalah upaya untuk melakukan stabilisasi.

"Tapi juga untuk mendorong pertumbuhan dan keadilan. Ini terbukti, pertumbuhan ekonomi terus meningkat dan distribusi pendapatan makin bagus, tidak seperti masa sebelumnya, ketimpangan kian menganga," jelas dia.

(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed