Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 13:36 WIB

Mengintip Raksasa Produsen Kardus Beromzet Rp 315 M di Inggris

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dok. Cardboard Box Company Foto: Dok. Cardboard Box Company
Jakarta - Cerita sukses berbisnis kardus juga terjadi di dunia. Adalah Cardboard Box Company, sebuah raksasa produsen kardus beromzet 17 juta poundsterling atau Rp 315,32 miliar.

Mengutip situs resmi perusahaan, Kamis (9/8/2018), disebutkan, pada pertengahan 1970-an, perusahaan yang semula bernama Chapman Industries membentuk anak usaha Chapman Karton yang membuat dan memasok kardus ke lima situs manufaktur di seluruh Inggris.

Saat itu, Chapman Envelopes adalah produsen aplop terbesar di Inggris. Bisnis baru, dengan basis pelanggan siap pakai membuat perusahaan ini cepat berkembang.


Menginjak tahun 1980-an dan 1990-an, perusahaan terus berkembang pesat dan mulai menawarkan pelayanan pada perusahaan lain.

Ekspansi bisnis yang pesat membuat perusahaan harus beberapa kali memindah basis produksi dari mulai Darwen, Blackburn dan Accrington di 1989 hingga sekarang.

Keberhasilan perusahaan mengembangkan bisnis, terletak pada kemampuan perusahaan menyediakan kardus yang sesuai dengan kebutuhan pengemasan. Baik dari segi ukuran, bentuk dan desain.

Pada tahun 1999, pemilik Chapman Industries saat itu Trelleborg, menjual perusahaan dan Chapman Container ke seorang pengusaha swasta bernama Peter Street.


Sejak saat itu, dimulailah periode ekspansi dan investasi yang luar biasa. Dengan pemilik baru dan nama baru, Cardboard Box Company terus tumbuh dengan cepat.

Dari semula omzet hanya 3 juta poundsterling di 1999, menjadi 17 juta poundsterling saat ini. Pertumbuhan Cardboard Box Company ditopang oleh investasi sebesar 15 juta poundsterling dan banyak lagi rencana pengembangan bisnis perusahaan. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com