Follow detikFinance
Sabtu, 11 Agu 2018 13:10 WIB

Berlaga di Asian Games 2018, Ini Jumlah Kekayaan Bos Djarum

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Michael Bambang Hartono ikut berpartisipasi dalam ajang Asian Games 2018. Orang terkaya di Indonesia ini ikut bertanding dalam cabang olahraga bridge yang mempertandingkan permainan kartu dengan mengandalkan strategi dan kecerdasan pikiran.

Berapa kekayaan salah satu Bos Djarum Group, yang juga orang terkaya di Indonesia itu? Menurut catatan Forbes yang dirilis Maret 2018, total kekayaan Bambang Hartono mencapai US$ 16,7 miliar atau sekitar Rp 225 triliun. Selain itu Bambang Hartono menempati urutan ke-75 orang terkaya dunia versi Forbes.

Sementara itu, menurut catatan real time net worth Forbes per tanggal 10/8/2018, kekayaan Bambang Hartono mencapai US$ 11,4 miliar atau sekitar Rp 163 triliun (kurs Rp 14.300/US$).

Michael Hartono bersama saudaranya R. Budi Hartono sendiri telah lama malang melintang dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaan keduanya pada tahun 2017 mencapai US$ 32,3 miliar atau mencapai Rp 468,3 triliun.


Mayoritas kekayaan mereka bersumber dari investasi di Bank BCA dan juga produsen rokok Djarum. Michael sendiri diketahui memiliki 25% saham dari BCA.

Hartono diketahui mewarisi perusahaan rokok Djarum puluhan tahun lalu, namun kemudian mengepakkan sayap bisnisnya dengan membeli saham BCA pada masa krisis 1997-1998.

Pada tahun 2017, mereka berhasil meningkatkan kepemilikan saham BCA ke level menjadi 55% dari 47%. Keduanya juga punya kepemilikan di perusahaan Razer, produsen game dari Singapura yang terdaftar di bursa Hong Kong. Saat ini Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono telah menjadi orang terkaya di Indonesia selama 9 tahun berturut-turut. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed