Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Agu 2018 13:00 WIB

Beli Tiket Feri Bisa Pakai Uang Elektronik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom
Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mempermudah pembelian tiket kapal Feri. Melalui kerja sama ini, penumpang kapal Feri bisa membeli tiket memakai uang elektronik.

Sebagai informasi, Himbara terdiri dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Direktur Komersial PT ASDP Ferry, Yusuf Hadi menjelaskan penggunaan uang elektronik tidak langsung dijalankan, tapi akan melewati 3 tahapan.


Penggunaan uang elektronik akan berlaku sepenuhnya mulai Maret 2019.

"Kami ASDP akan melakukan cashless secara utuh melalui tiga fase. Pertama tanggal 15 Agustus itu online ticketing, kedua digabung digitalisasi dan ketiga iti finalisasi Maret 2019," ujar Yusuf dalam acara penandatanganan kerjasama di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (13/8/2018).


Penerapan uang elektronik tersebut nantinya bakal digunakan di empat pelabuhan, yakni Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan Gilimanuk. Yusuf menjelaskan uang elektronik baru berlaku sepenuhnya pada Maret tahun depan karena masih perlu sinkronisasi dengan sistem payment gateway atau gerbang pembayaran nasional (GPN).

"Karena kita masih ada kaitan dengan payment gateway kita harus memadukan online ticketing. Baik online maupun offline payment gateway online," terang Yusuf.


Dia menambahkan program uang elektronik tersebut sejalan dengan rencana pemerintah mendorong digitalisasi pembayaran. Selain itu, dengan metode pembayaran ini diharapkan dapat meminimalisir potensi kebocoran pendapatan penyeberangan, keakurasian manifest dan juga memudahkan pencatatan data transaksi keuangan menjadi lebih valid.


Simak juga video Mulai Oktober 2017 Gerbang Tol Tidak Terima Uang Tunai:

[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com