Follow detikFinance
Selasa, 14 Agu 2018 20:07 WIB

Jumlah Penduduk Miskin Ditarget Turun Jadi 24 Juta Orang di 2019

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, per Maret 2018 tercatat jumlah orang miskin 25,95 juta orang atau setara 9,82%.

Meski angka kemiskinan terus berangsur turun, pemerintah tidak cepat berpuas diri. Pemerintah tetap menargetkan jumlah penduduk miskin di tanah air akan berkurang.

"Kami masih target di tahun depan itu 24 juta," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di acara Shell Skenario Forum, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (14/8/2018).



Luhut mengatakan, mungkin hal yang mustahil menghilangkan kemiskinan hingga 100%. Namun pemerintah bekomit akan terus menekan angka kemiskinan seminim mungkin.

"Mungkin satu negeri ini berakhir, ini masih ada kemiskinan. Tapi jumlahnya masih kecil itu yang ingin kita buat," tegas dia.

Data-data kemiskinan tersebut, kata Luhut, sekaligus membantah pernyataan yang mengatakan ada 100 juta orang miskin di Indonesia.

"Jadi saya pikir kalau ada orang yang berkata 100 juta (orang miskin di Indonesia). Ini orang dipikir apa engga ini orang?"



Luhut mengatakan, angka kemiskinan 100 juta orang di Indonesia tersebut bukan lah datang bisa dipertanggung jawabkan.

Jumlah penduduk miskin sebanyak 100 orang, sebelumnya ramai setelah dilontarkan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed