Yuk Kenalan dengan Produsen Kacamata Favorit Sandiaga Uno

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 15 Agu 2018 10:52 WIB
Foto: Dok. Sandiaga Uno
Jakarta - Bakal calon Wakil Presiden yang mendampingi Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Sandiaga Uno, kerap tampil dengan kacamata berbeda-beda. Kacamata tersebut adalah buatan pelaku usaha lokal, dengan nama Saturdays.

Adalah Rama, Founder Saturdays yang memulai bisnis pembuatan kacamata dengan brand lokal yang dirintis sejak 2014 itu. Dia menceritakan bagaimana awal mula berdirinya Saturdays.

"Jadi idenya saya tahun 2014. Terus research tahun 2015, saya fokus mengembangkan konsepnya dan buat branding serta desainnya," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Belum berhenti sampai di situ. Untuk akhirnya mendapatkan nama merek Saturdays, Rama mengatakan butuh waktu satu tahun. Lalu akhirnya tercetuslah Saturdays.

"Terus cari nama Saturdays itu juga lumayan lama sampai setahun. Akhirnya kita baru launching 2016, Januari," sebutnya.
Yuk Kenalan dengan Produsen Kacamata Sandiaga UnoFoto: Dok. Saturdays

Saturdays sepenuhnya hanya bergerak di pembuatan kacamata, mulai dari desain, produksi, hingga dijual ke pembeli.

Sementara, ide membuka bisnis kacamata dia peroleh dari pengalaman masa kecilnya yang harus membeli kacamata dengan merek asing. Tentu harganya lebih mahal.


"Karena saya pakai kacamata dari kecil, dari SD, terus dulu problemnya cari kacamata susah. Kacamata yang bagus tapi harga nggak terjangkau ya kan. Soalnya di optik kan lumayan mahal ya harganya. Kalau nggak ya kacamatanya kurang bagus, kualitasnya juga kurang bagus," ujarnya.

Salah satu faktor yang bikin kacamata tersebut mahal, menurutnya karena ada rantai pasokan yang cukup panjang, sehingga ketika sampai ke customer harganya makin mahal. Berawal dari situ ide membuka bisnis kacamata lokal dia dapat.

"Jadi itu kita potong semua rantai distribusinya, jadi bisa jual kacamata yang mewah dengan harga lebih terjangkau," tambahnya.

Yuk Kenalan dengan Produsen Kacamata Sandiaga UnoFoto: Dok. Saturdays
Yuk Kenalan dengan Produsen Kacamata Sandiaga UnoFoto: Dok. Saturdays

Saksikan juga video ' Ramah Lingkungan! Kacamata Unik Ini Dibuat dari Jeans Bekas ':

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)