Follow detikFinance
Rabu, 15 Agu 2018 12:39 WIB

Sah! Syafruddin Kini Pimpin KemenPAN-RB

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Mantan Wakapolri Syafruddin telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) yang baru. Syafruddin dilantik di Istana pagi ini menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri.

Usai dilantik di Istana, Syafruddin langsung menuju Kementerian PAN-RB di Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan. Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, Rabu (15/8/2018), tampak hadir pula sejumlah pejabat pemerintah di lingkungan PAN-RB, di antaranya Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro serta Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.


Syafruddin tiba di Kementerian PAN-RB dengan mengenakan pakaian jas hitam seperti di Istana. Acara pelantikan baru dimulai sekitar pukul 11.50 WIB, mundur satu jam lebih dari jadwal yang disusun sebelumnya.

Berdiri di samping Asman Abnur, Syafruddin mendengarkan keputusan Presiden RI tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri PAN-RB Kabinet Kerja. Isinya adalah memberhentikan Asman Abnur sebagai Menteri PAN-RB dalam sisa masa jabatan 2014-2019 dan mengangkat Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB sisa periode 2014-2019.


Seperti diketahui Asman Abnur mengundurkan diri dari posisi MenPAN-RB setelah partainya, PAN, memilih menjadi rival kubu Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Sementara jabatan Syafruddin sebagai Wakapolri akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz.

Syafruddin merupakan pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 12 April 1961. Perjalanan kariernya di kepolisian dimulai saat masuk ke pendidikan Akabri pada 1985.


Selepas pendidikan Syafruddin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Mulai dari Kapolres Metro Jakarta Timur Polda metro Jaya, ajudan Wakil Presiden RI pada masa pemerintahan SBY-JK, Wakapolda Sumatera Utara hingga Kepala Divisi Propam Polri menggantikan Irjen Pol Herman Effendi.

Dua tahun lalu atau pada 2016, ia diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Posisi tersebut menggantikan Budi Gunawan. (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed