Asman Abnur Titip Pesan ke Menpan Syafruddin, Apa Isinya?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rabu, 15 Agu 2018 14:00 WIB
Foto: Asman Abnur menyerahkan jabatan MenPAN-RB ke Komjen (Purn) Syafruddin. (Audrey-detikcom)
Jakarta - Asman Abnur resmi melepas jabatannya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Kepada penggantinya, Syafruddin, Asman menyampaikan sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Asman berharap, capaian-capaian positif Kementerian PAN-RB yang sudah diraih selama ini dapat dipertahankan.

"Saya gembira dengan orientasi kinerja pemerintah sekarang lebih ke hasil bukan serapan. Sekarang sudah kayak pedagang, yakni orientasinya hasil," katanya di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Rabu (15/8/2018).


Lanjut dia, dalam penegakan birokrasi, wilayah birokrasi bersih melayani harus semakin menjadi gerakan yang masif. Sedangkan dalam sisi kelembagaan, Kementerian PAN-RB juga melakukan penataan organisasi secara aktif agar semakin kaya fungsi dan tepat ukuran.

"Jadi kelembagaan banyak yang kita revisi sehingga lembaga yang selama ini ada tapi tidak produktif, kita perbaiki bahkan ada yang dibubarkan," ujar Asman.


Selanjutnya adalah proses rekruitmen ASN yang bersih dan terukur. Asman bilang, saat ini tak boleh lagi ada KKN dalam rekrutmen CPNS sehingga hal ini diharapkan bisa terus dipertahankan.

"Kementerian PAN-RB melakukan rekrutmen ASN yang bersih dan akuntabel. Walaupun anak menteri sekalipun tidak bisa lulus kalau tidak capable. Ini mohon dipertahankan dan jadi perhatian Bapak," ujarnya.

"Pelayanan publik juga semakin dapat apresiasi oleh masyarakat. Makin banyak mal pelayanan publik. Juga berubahnya cara pandang dan pola pikir ASN yang dulu mengedepankan kekuasaan tapi sekarang hospitality. Saya yakin bapak bisa lebih kencang dari saya," tambahnya. (eds/hns)