Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Agu 2018 23:00 WIB

Mau Bawa Balik Devisa Hasil Ekspor 100%, Pengusaha Minta Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani/Foto: Muhammad Idris-detikFinance Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani/Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menyampaikan pengusaha mau membawa pulang 100% devisa hasil ekspor (DHE) yang selama ini di luar negeri. Pengusaha juga bersedia menukarkan DHE yang bermata uang dolar Amerika Serikat (AS) ke rupiah.

Asalkan, saat mereka ingin kembali menukarnya ke dolar AS diberikan bunga murah.


"Di satu sisi dengan memberikan kepastian bahwa hal itu dapat dilakukan dengan opsi yang diberikan BI, opsi yang diberikan kepastian bahwa saat pengusaha butuh dolar dapat diberikan dengan suku bunga yang baik," ujarnya usai rapat tertutup dengan pemerintah di The Westin, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).

Dia mencontohkan, misalnya Bank Mandiri sudah menjalankan dengan cukup baik dimana bank tersebut tidak memungut tambahan bunga swap penukaran mata uang.


"Misalnya Bank Mandiri tidak akan mengambil cost tambahan dari swap yang akan diberikan BI, 4,7% atau 5% misalnya, bank BUMN tidak akan mengambil tambahan," sebutnya.

Namun terlepas dari itu, pelaku usaha menyadari bahwa pelemahan rupiah berimbas juga terhadap mereka. Mau tidak mau mereka harus terlibat menjaga stabilitas rupiah dengan membawa pulang devisa dan menukarnya ke rupiah.

"Kita sangat mengerti kalau pergerakan mata uang ini pelemahannya terjadi terus menerus kita juga kendala. Karena memang tidak bisa dipungkiri karena kita juga impor," tambahnya.


Saksikan juga video ' Saat Menteri Pariwisata Samakan Indonesia dengan Penjual Pulsa ':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed