Follow detikFinance
Kamis, 16 Agu 2018 15:54 WIB

Fokus Jokowi Tahun Depan: Genjot Investasi dan Pembangunan SDM

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Al Habshy Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memfokuskan anggaran tahun depan untuk mendukung investasi dan peningkatan daya saing melalui sumber daya manusia (SDM). APBN 2019 dirancang dengan belanja Rp 2.439,7 triliun.

"Untuk menunjang tujuan tersebut, kebijakan fiskal dan APBN tahun 2019 dirancang dengan tema APBN untuk Mendukung Investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia," kata Jokowi dalam pidato Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Fokus tersebut diwujudkan ke dalam tiga strategi, antara lain menjaga iklim investasi, belanja yang produktif, dan mendorong efisiensi pembiayaan.

"Mobilisasi pendapatan yang realistis dengan tetap menjaga iklim investasi, peningkatan kualitas belanja agar lebih produktif dan efektif melalui kebijakan value for money untuk mendukung program prioritas, serta mendorong efisiensi dan inovasi pembiayaan," ujar Jokowi.

APBN 2019 juga dirancang cukup realistis untuk memajukan pembangunan Indonesia.

"Sehat karena APBN disusun dengan prudent, realistis, dan efektif untuk memajukan pembangunan Indonesia, serta antisipatif menghadapi tantangan domestik dan global," tutur Jokowi.


Saksikan juga video ' Di Sidang Tahunan MPR, Jokowi Pamer Angka Pengangguran Menurun ':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed