Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 19 Agu 2018 19:57 WIB

Mendulang Rupiah dari Jadi Hantu

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Bandung - Pernah bertemu hantu? Di Jalan Asia Afrika, Bandung Banyak. Namun tak perlu takut, mereka tak akan membuat anda kesurupan atau menggentayangi hidup anda. Merka hanya seniman cosplay.

Cosplay sendiri adalah hobi seseorang yang mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun.

Siapa sangka, dari hobi yang bagi sebagian besar orang dianggap nyeleneh itu, para cosplayer hantu ini justru berhasil menjadikan hobinya untuk mendulang rupiah.


Mendulang Rupiah dari Jadi Hantu Foto: Selfie Miftahul Jannah

Koordinator Lapangan Para Hantu di Jalan Asia Afrika Agus Barwok menjelaskan, ia dan kawan-kawan yang kerap kali menghantui para wisatawan.

Per harinya ketika sedang ramai ia bisa mendapatkan uang Rp 100.000 sampai Rp 150.000/ malam.

"Kalau rame sih bisa sampai Rp 100.000 kalau lagi rame banget seperti Malam Minggu atau saat masa liburan bisa Rp 150.000," jelas dia kepada detikFinance, Sabtu (18/8/2018) malam.

Ia menjelaskan saat ini para hantu yang tergabung dalam Comunitas Jurig atau hantu dalam bahasa Sunda (Comjurig) bisa mendulang rezeki melalui sesi foto bersama dengan para pejalan kaki.

Para hantu ini tidak memiliki standar untuk sekali sesi foto. Namun, kebanyakan para wisatawan yang ingin foto bersama memberikan Rp 2.000 sampai Rp 5.000 per sesi foto bersama.

"Nggak mematok harga kita. Hanya mereka kebanyakan ada yang kasih Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Tapi kan kebanyakan anak kecil ya, ada juga yang kasih Rp 500 perak, ya nggak apa apa," kata dia.


Mendulang Rupiah dari Jadi Hantu Foto: Selfie Miftahul Jannah

Dari hasil pantauan detikFinance, kawasan Asia Afrika kerap kali ramai pengunjung. Mulai dari pengunjung dalam dan luar kota, banyak dari mereka yang tertarik untuk berfoto bersama hantu- hantu di jalan Asia Afrika.

Tidak hanya hantu yang menakutkan, para hantu seperti kuntilanak, pocong sampai valak tampak ruang untuk menarik para wisatawan berfoto bersama.


Saksikan juga video ' Hati-hati! Beli Martabak di Sini Dilayani Hantu ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed